NAKERONLINE.COM–Rommy Fibri Hardiyanto terpilih sebagai Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) untuk periode 2020-2024. Rommy akan ditemani Ervan Ismail sebagai wakil ketua LSF. Sebelumnya, Rommy dan 16 anggota LSF lainnya telah dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Sebagai ketua LSF yang baru, Rommy memetakan berbagai permasalahan dalam LSF. Seperti di antaranya minimnya anggaran LSF yang harus diptimalkan, juga dampak Pandemi Corona yang menuyisakan banyak persoalan, sampai mengenai dunia digital yang menjadi tantangan terbesar LSF.

“Tantangan terbesar LSF itu digital karena semua orang bicaranya bagaimana film di dunia digital “ kata Rommy Fibri Hardiyanto kepada wartawan, di Gedung Film Pesona Indonesia, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (11/5/2020)

Lelaki kelahiran Semarang, 14 Februari 1972 itu lebih lanjut menerangkan, selama empat tahun yang lalu, LSF belum sampai ke sana “Bagaimana menangani dunia digital yang isinya film, ke depan inilah jadi tantangannya, “ terang Alumnus Fakultas Kedokteran Gigi UGM (1991).

Menurut Rommy, kalau flatform-nya sudah jelas konvensional itu sudah clear buat LSF, seperti film bioskop, TV, CD. “Tapi kalau flatform-nya digital, LSF tidak bisa jalan sendirian, harus kerjasama dengan Kominfo dalam regulasinya, “ paparnya.

SENSOR TAYANGAN TV

Tayangan di TV, kata Rommy, harus disensor oleh lembaga yang berwenang sebagaimana yang ditetapkan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) adalah LSF. Semua program tayangkan TV dikirimkan ke LSF untuk disensor, tapi kalau flatform-nya digital masih perlu dibicarakan siapa yang menyensor. “Apakah flatform-nya sendiri yang menyiarkan yang menyensor,” ujarnya.

Rommy menyampaikan, bahwa ke depan, LSF memang harus berkoordinasi secara intensif dengan Kominfo. “Nah, inilah yang perlu kita siapkan regulasinya!“ tegas Rommy.

Dalam UU Perfilman hanya menyebutkan bahwa semua film yang akan dipertunjukkan di Indonesia harus mendapatkan lulus sensor dari LSF. “Hanya itu saja, tanpa ada turunannya. Sementara itu, digital sangat global, bahwasannya digital memang jadi tantangan terbesar LSF, “ tutur Rommy.

( Era )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *