Mwnaker Ida Fauziah pada Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BLK Komunitas, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (4/12/2023) malam.

Surakarta–Sebagai langkah terus meningkatkan kompetensi dan produktivitas SDM berbasis komunitas, Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BLK Komunitas, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (4/12/2023) malam.

Menteri Ketengakerjaan Ida Fauziyah saat membuka rakor tersebut mengatakan, dari perspektif ketenagakerjaan, penguatan
pelatihan vokasi mendapatkan perhatian
sebagai implementasi orientasi demand driven dalam merespon angkatan kerja di berbagai sektor industri maupun jasa, serta pasar kerja global yang semakin kompetitif.

“Oleh karena itu, perlu akselerasi sinergitas program pengembangan pelatihan vokasi dengan perluasan kesempatan kerja guna mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ucap Ida Fauziyah dalam sambutannya.

Menaker Ida menyebut, akselerasi transformasi pelatihan vokasi dilakukan untuk mempercepat pembangunan SDM dalam jangka panjang melalui upaya peningkatan akses serta mutu pendidikan dan pelatihan vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja.

“Salah satunya, dengan meningkatkan kompetensi program pelatihan vokasi yang ada diselenggarakan di Balai Latihan Kerja Komunitas,” katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya pembangunan BLK Komunitas, pemerintah
bertekad untuk menyiapkan tata kelola, sarana, prasarana serta SDM yang kompeten dan hebat dalam memperkuat ekosistem inovasi.

“Semoga dengan adanya BLK Komunitas diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai yang dibutuhkan oleh pasar kerja,” harap Ida Fauziyah.(Rilis/wan)

Sumber:Biro Humas Kemnaker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *