Menaker Ida Fauziyah berbincang dengan sàlah seorang peserta seleknas ASC.(humas kemnaker).

BEKASI,NAKER ONLINE.com-Dalam membangun generasi muda Indonesia yang kuat, unggul dan memiliki daya saing tinggi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC) XIII.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menuturkan, Seleknas Calon Kompetitor ASC XIII, menjadi parameter seberapa besar penguasaan kompetensi generasi muda Indonesia, lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi. Selain itu, Seleknas ini juga menjadi tolok ukur bagi pemerintah daerah serta pelaku usaha dan industri dalam mengembangkan sumber daya manusia di daerahnya.

“Oleh karena itu, untuk meraih prestasi terbaik dari Seleknas ASC, para kompetitor harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” ucap Menaker Ida Fauziyah ketika memberikan sambutan pada Penutupan Seleksi Nasional dan Peluncuran Pemusatan Pelatihan Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition XIII Tahun 2022, di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022).

Menaker mengatakan, Seleknas Calon Kompetitor ASC bertujuan mendapatkan kandidat anak-anak muda yang akan mewakili Indonesia pada ajang WorldSkills ASEAN Competition yang diadakan bulan Juli 2023 di Singapura.

“Diharapkan dari Seleknas ASC ini akan lahir putra-putri terbaik bangsa yang memiliki kesiapan baik dari keahlian, mental dan motivasi,” katanya

Menaker menyambut baik keikutsertaan Indonesia pada ASEAN Skills Competition sebagai upaya menunjukkan kepada negara-negara ASEAN bahwa SDM Indonesia memiliki keunggulan kompetitif.

Ia mengingatkan kepada para pemenang Seleknas Calon Kompetitor ASC, untuk tidak cepat berpuas diri, jangan mudah menyerah pada segala rintangan yang akan dihadapi. “Jadikan prestasi kalian sebagai langkah awal dalam perjalanan karir di masa mendatang,” ujarnya.

“Pergunakan waktu kalian untuk menempa diri, meningkatkan dan mengasah semua keterampilan,” lanjutnya.

Seleknas Calon Kompetitor ASC XIII ini diikuti 160 orang, pada 16 bidang kompetisi, antara lain, IT Network System Administration, IT Sofware Solutions for Business, Graphic Design Technology, Web Technologies, Mechanical Engineering CAD, Beauty Therapy, Hairdressing, CNC Maintenance, Elektronics, Refrigeration and Air Conditioning, Industrial Automation, Restaurant Service, Automobile Technology, Fashion Technology, Mechatronics, Mobile Robotics.(erwan)

Sumber: Humas Kemnaker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *