Staf Ahli Menaker Dr.Reyna Usman dan pejabat Pemda Provinsi Sumatera Utara saat penganugrahan Siddhakarya

 

 

Penulis: Erwan M

NAKERONLINE.COM-Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) memberikan penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 di Provinsi Sumatera Utara,Senin Rabu (1/12/2020).

Pemberian Penghargaan Siddhakarya ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Provinsi Sumatera Utara.

Staf ahli Menteri Ketenagakerjaan Dr.Reyna Usman pada kesempatan itu menyampaikan
penganugerahan ini mempunyai arti yang sangat besar, karena berkaitan langsung dengan upaya besar kita bersama, mengangkat harkat dan martabat bangsa, khususnya para Pengusaha Kecil, Menengah, dan Besar.

Dalam sambutannya mewakili Dirjen Binalattas, Reyna Usman menjelaskan bahwa ada dua jenis penghargaan produktivitas dunia usaha yaitu Penghargaan Siddhakarya diartikan Karya Prima, yang merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas tertinggi di tingkat Provinsi yang penyerahannya oleh Gubernur pada setiap tahun genap.

Sedangkan Paramakarya diartikan Karya Unggul, merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas tertinggi di tingkat Nasional yang penyerahannya oleh Presiden RI pada setiap tahun ganjil.

Tujuan pemberian Siddhakarya adalah pertama, mendorong dunia usaha dunia industri, terutama usaha kecil dan menengah, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan, sehingga dapat terus berperan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kedua, menyosialisasikan kategori dan kriteria kinerja perusahaan untuk diimplementasikan. Ketiga, memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil, menengah, dan besar yang telah berhasil dalam peningkatan produktivitas dapat dijadikan teladan dan percontohan standar keberhasilan (bench-marking best practice) bagi perusahaan-perusahaan lain.

JEJARING

“Penghargaan ini juga untuk memfasilitasi pengembangan jejaring komunikasi antar pelaku dunia usaha dunia industri, sehingga dapat memanfaatkan pertukaran informasi tentang pengalaman praktis terbaik (best practice),” katanya.

Sejumlah perusahaan yang menerima penghargaan tersebut, di antaranya jenis usaha mikro (kecil) dan usaha menengah.

Pemberian Penganugerahan Siddhakarya ini memiliki delapan kriteria dalam menilai performa perusahaan yaitu dengan menggunakan metode Business Excellence Malcolm Baldrige.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *